Jumat, 09 Maret 2012

SISTEM REM (BRAKE SYSTEM)

fungsi dari sistem rem adalah untuk menghentikan kendaraan, selain itu rem dapat meminimalkan resiko kecelakaan.
Untuk mengurangi kecepatan dari laju kendaraan dan membuat kendaraan berhenti, sangatlah diperlukan untuk membangkitkan tenaga untuk melamabatkan ban.
Ketika pengemudi mengoperasikan pedal rem, alat-alat rem menghasilkan tenaga (tenaga yang melawan permukaan jalan) yang bekerja menghentikan ban dan tenaga (kelembaman) yang bekerja untuk tetap menyerap tenaga yang membuat kendaraan melaju. Sehingga kendaraan berhenti. Dengan perkataan lain, energi (energi kinetik) dari ban yang bekerja untuk memutar dirubah ke panas gesekan (energi thermal) dengan mengoperasikan rem yang bekerja menghentikan putaran ban.
Kendaraan tidak saja harus berhenti namun harus dapat berhenti seperti yang diinginkan oleh pengendara.
Misalnya, rem harus mengurangi kecepatan kendaraan pada kecepatan yang diinginkan dari pengurangan dan berhenti dalam cara yang relatif stabil pada jarak yang lebih pendek selama pengereman mendadak.
Alat yang utama yang membuat fungsi berhenti ini adalah sistem rem seperti pedal rem, dan ban.
Sistem rem
Ada dua tipe sistem rem. Sistem rem yang digunakan ketika kendaraan sedang melaju adalah sistem rem kaki. Ada rem drum dan disk rem yang paling sering beroperasi dengan tekanan hidrolik.
Sistem rem parkir digunakan ketika meninggalkan kendaran terparkir. Sistem rem parkir mengoperasikan rem roda belakang melalui kawat atau yang seperti itu sehingga kendaraan tidak bergerak.
ABS dengan EBD
“EBD” dalam ABS dengan EBD adalah singkatan dari Distribusi tenaga rem elektronik (Electronic Brake force Distribution) atau pengendali distribusi tenaga rem elektronik (Electronic Braking force Distribution control) untuk ABS.
Sebagai tambahan pada fungsi ABS yang konvensional, tenaga pengereman yang sesuai dengan kondisi kendaraan didistribusikan ke roda depan dan belakang dan kanan dan kiri dengan menggunkan unit pengendali rem ABS hidrolik.
Pembantu Rem/BA (Brake Assist)
BA adalah sistem yang membantu kerja rem ketika pengemudi tidak pdapat memberikan tenaga yang cukup untuk pedal rem. Tekanan yang tiba-tiba yang diberikan ke pedal rem dianggap sebagai berhenti darurat, dan sejumlah banyak tenaga pengereman secara otomatis dibangkitkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar